Senin, 04 April 2022

Relasi Massa Melalui Media Massa

PENGERTIAN MASSA

    Secara global, massa diartikan sebagai orang-orang yang tidak saling mengenal, jumlahnya banyak, anggotanya berbeda-beda, berkumpul di satu tempat, dan tidak bersifat individualisme. Massa memiliki kesadaran diri yang rendah dan tidak dapat bertindak secara terorganisir dan tidak bertindak untuk diri mereka sendiri.


PENGERTIAN MEDIA MASSA

    Media massa merupakan suatu bentuk komunikasi yang menyampaikan informasi, alat komunikasi yang menyebarkan berita kepada masyarakat luas. Dengan menggunakan alat komunikasi seperti radio, surat kabar, televisi dan film. Media massa adalah sarana atau alat yang digunakan dalam kerja komunikasi massa, yaitu komunikasi yang ditunjukkan kepada banyak orang. Media massa memberikan informasi tentang perubahan, cara kerjanya dan hasil yang dicapai. Media massa memungkinkan kita untuk melihat dunia sekitar, dapat membantu kita memahami pengalaman, mengandung informasi, dan terdapat feedback dari publik.


FUNGSI MEDIA MASSA

Sebagai pengambil keputusan, yakni berperan dalam menyampaikan informasi untuk mengambil keputusan.

Sebagai bahan diskusi, yakni mengklarifikasi masalah yang dihadapi dan menyampaikan pesan dari tokoh masyarakat.

Sebagai penyedia informasi, yakni memberikan informasi kepada publik secara tepat waktu.

Sebagai pendidik, yakni memberikan pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai informasi.


KEKUATAN MEDIA MASSA

- Menarik serta mengarahkan perhatian publik

- Membujuk (Opini dan kepercayaan)

- Mempengaruhi sikap

- Membentuk pengertian realitas

- Memberikan status dan legitimasi

- Memberikan informasi secara tepat dan luas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERILAKU-PERILAKU KOLEKTIF DENGAN PERSPEKTIF KOMUNIKASI

Perilaku Kolektif Mahasiswa Indonesia 1973-1974 Pada Peristiwa Malari ABSTRAK Artikel ini mengambil fenomena seputar gerakan mahasiswa, ya...